#TEMANKIP

Tentang Kami

Latar Belakang #temanKIP

           Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. KIP-Kuliah merupakan manifestasi dari upaya Negara mencerdaskan kehidupan bangsa dan implementasi dari Pasal 76 ayat 1 yang berbunyi, "Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan/atau Perguruan Tinggi berkewajiban memenuhi hak mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi untuk dapat menyelesaikan studinya sesuai dengan peraturan akademik".

 

          Sebagai sebuah program yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan masyarakat, implementasi penyaluran KIP-Kuliah harus didukung oleh seluruh Kementerian/Lembaga pemerintah juga swasta agar KIP-Kuliah dapat dirasakan oleh penerima manfaat yang tepat. Banyaknya jumlah mahasiswa dan perguruan tinggi serta tidak sedikitnya kuota penerima KIP-Kuliah membuat proses pelaksanaannya menjadi tidak mudah untuk dilakukan. Dengan adanya layanan yang bergerak secara aktif di level penerima manfaat, akan mempercepat proses sosialisasi, mempermudah proses pendampingan dan mempersingkat proses penyelesaian hambatan.

 

          Berdasarkan latar belakang diatas, Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Aminuddin Ma’ruf berinisiatif untuk membentuk relawan KIP-Kuliah yang tergabung dalam temanKIP sebagai bentuk dukungan kelompok muda dalam implementasi penyaluran KIP-Kuliah. Relawan temanKIP terdiri dari sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi baik di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia maupun Kementerian Agama Republik Indonesia yang memiliki pengetahuan memadai terkait informasi KIP-Kuliah dan siap menjadi pendamping para calon penerima manfaat KIP-Kuliah.

Alur Koordinasi Pelaksana dan Kerjasama #temanKIP

Program ini diinisiasi oleh Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Aminuddin Ma’ruf yang kemudian menjadi penanggungjawab temanKIP. Dalam pelaksanaan programnya, temanKIP akan membentuk relawan di tingkat Universitas yang berkordinasi dengan kordinator wilayah dan Kordinator Nasional temanKIP.

Sebagai sebuah bentuk kerja kolektif dalam mendukung program pemerintah berupa penyaluran KIP-Kuliah, temanKIP akan secara aktif berkordinasi dengan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia juga Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia dalam pelaksanaan programnya.

Indikator Keberhasilan temanKIP

1. Pusat Informasi KIP-Kuliah

  • Tersedianya relawan di tingkat universitas sebagai penyedia informasi terkait KIP-Kuliah.
  • Meningkatnya pengetahuan masyarakat terkait segala informasi terkait dengan KIP-Kuliah.
  • Tersedianya website dan ragam platform media sosial temanKIP.
  • Tersebarnya konten yang informatif dan terkini terkait KIP Kuliah dengan jangkauan yang luas melalui sosialisasi yang intensif.

 

2. Pendampingan

  • Tersedianya relawan di tingkat universitas sebagai pendamping proses pendaftaran, verifikasi dan pemanfaatan KIP-Kuliah.
  • Tercapainya jumlah penerima manfaat KIP-Kuliah Reguler hingga sesuai dengan target pemerintah sejumlah 200.000 mahasiswa.
  • Meningkatnya peluang masyarakat yang tidak mampu untuk dapat menempuh Pendidikan di perguruan tinggi unggulan.
  • Terdampinginya calon penerima KIP-Kuliah yang berkaitan dengan pendaftaran, verifikasi dan pemanfaatan KIP-Kuliah

 

3. Pengaduan

  • Tersedianya relawan di tingkat universitas untuk melayani pengaduan terkait hambatan dan permasalahan KIP-Kuliah.
  • Terhubungnya calon penerima atau penerima KIP-Kuliah dengan pihak terkait dengan hambatan atau permasalahan yang dihadapi seputar KIP-Kuliah.
  • Tertanganinya hambatan dan permasalahan terkait KIP-Kuliah yang dihadapi calon penerima ataupun penerima KIP-Kuliah.

#TEMANKIP

Tujuan

Tujuan #temanKIP

TemanKIP adalah sebuah program yang bertujuan untuk membantu dan mendampingi proses penerimaan manfaat dari Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) sebagai bentuk dukungan terhadap implementasi penyaluran KIP-Kuliah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Kementerian Agama Republik Indonesia.

#TEMANKIP

Tujuan

TemanKIP adalah sebuah program yang bertujuan untuk membantu dan mendampingi proses penerimaan manfaat dari Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) sebagai bentuk dukungan terhadap implementasi penyaluran KIP-Kuliah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Kementerian Agama Republik Indonesia.
Aktifitas Utama

#TEMANKIP

Koordinasi

Koordinasi bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Kementerian Agama Republik Indonesia dengan tujuan menyampaikan maksud, tujuan dan tindak lanjut pelaksanaan program TemanKIP.

Dokumentasi

Pengambilan Video terkait Dukungan terhadap Program TemanKIP oleh :

  1. Aminuddin Ma’ruf (Staf Khusus Presiden RI)
  2. Prof. Ainun Na’im,Ph.D, M.B.A. (Sekretaris Jendral Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI)
  3. Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D. (Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI)
  4. Prof. Dr. H. Nizar Ali (Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia)

Launching

Launching dan Press Conference Program TemanKIP yang akan dilaksanakan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bersama dengan Staf Khusus Presiden RI dan Kementerian Agama RI.

Layanan Kami

#TEMANKIP

Kami siap menjadi teman terbaik anda dalam mewujudkan visi & misi program KIP

Pusat Informasi

Menjadi sumber informasi seputar pendaftaran dan penerimaan KIP-kuliah

Pusat Pendampingan

Memberikan pendampingan (mentorship) kepada calon penerima KIP-kuliah

Pusat Pengaduan

Menerima pengaduan terkait KIP-kuliah

Pusat Pengawasan

Melakukan pengawasan terhadap berjalannya KIP

Team Kami

#TEMANKIP

Team kami siap melayani anda dengan penuh keceriaan

hidden

© 2021 by {{dataWeb.config.configSiteTitle}} | All rights reserved